Rabu, 14 September 2016

Kenal kah kalian dengan si #Nyentrik ? “Tak Kenal Maka Tak Tahu”



Kenal kah kalian dengan si #Nyentrik ?
“Tak Kenal Maka Tak Tahu”
Oleh : *Wendy
Cikal bakal Universitas Negeri Malang adalah Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG) di Malang yang diresmikan oleh Menteri Pendidikan, Pengajaran, dan Kebudayaan Republik Indonesia, Prof. Mr. Mohammad Yamin, pada tanggal 18 Oktober 1954 berdasarkan SK No. 38742/Kab tanggal 1 September 1954. Bersamaan dengan itu pula, Prof. Sutan Adam Bachtiar ditugaskan sebagai Rektor PTPG Malang.
Pada awal pendiriannya, PTPG Malang mempunyai lima jurusan perintis, yaitu Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Bahasa dan Sastra Inggris, Sejarah dan Budaya, Ilmu Ekonomi, serta Ilmu Pasti Alam. Adapun, perkuliahan diselenggarakan di gedung SMA Tugu (sekarang SMA Negeri 1, SMA Negeri 3, dan SMA Negeri 4 Malang). Setahun kemudian, tepatnya sejak tanggal 20 Juni 1955, PTPG memiliki gedung sendiri bekas Hotel Splendid yang terletak di Jalan Tumapel 1, Malang.
Pada tanggal 10 November 1954, didirikan suatu universitas baru di Jawa Timur, yaitu Universitas Airlangga (Unair) yang terletak di Surabaya. Sebagai konsekuensinya, berdasarkan PP No. 71/1958, PTPG secara formal berubah status menjadi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unair. Pada tahun 1958, atas jasa Wali Kota Malang saat itu, Sarjono, lembaga ini mendapatkan sebidang tanah untuk membangun kompleks kampus yang terletak di Jalan Semarang 5, Malang.
(dikutip dari web resmi UM : //htttp/um.ac.id)
*****
Universitas Negeri Malang(UM) saat ini memiliki delapan fakutas yang salah satunya dapat dikatakan fakultas ter-Tua di UM yaitu, Fakultas Ilmu Pendidikan(FIP). FIP menjadi tonggak awal berdirinya PTPG Malang pada tahun 1954 sebagaimana yang telah dipaparkan diatas. Dapat dikatakan bahwa berdirinya FIP pada tahun 1954. Kini FIP UM memiliki 6 Jurusan yaitu Bimbingan Konseling(BK), Teknologi Pendidikan (TEP), Administrasi pendidikan(AP), Pendidikan Luar Sekolah (PLS), Kependidikan Sekolah dan Pra Sekolah (KSDP) dengan Program Pendidikanya yaitu Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD).KSDP ternaungi dalam 3 kampus UM sebagai pelaksana program (PP) yaitu PP I di sawojajar malang dan PP 3 di Jl.Ir.Soekarno Blitar, dan jurusan yang terkhir adalah Pendidikan Luar Biasa (PLB).
*****
Ditahun 2016 ini FIP UM secara terstruktur dipimpin oleh seorang dekan bernama Prof.Bambang Budi Wiyono dan dibantu  oleh  para wakildekan yang memiliki fungsional tersendiri bersama staf dan devisinya Wakil Dekan (WD) I yaitu Dr.Hardika M.Pd menangani dalam bidang akademik, WD II Dr.Maysaroh menangani bidang keuangan dan kesehjatraan, WD III Dr.Dedi Kuswandi M.Pd menangani tentang kemahasiswaan. Kepala PP II [1]Dr.Imam Nawawi M.Pd, Kepala PP III Prof. Dr.Zainudin M.Pd.
Pada setiap jurusan yang ada di FIP UM memiliki kepala Jurusan(Kajur) yaitu untuk jurusan BK Dr.Adi Atmoko M.Pd, Kajur PLB Prof.Dr.Moch Effendy, Kajur PLS Dr.Achmad Rasyad M.Pd, Kajur AP Dr.Yusuf Sobri, Kajur TEP Dr. Sulthoni M.Pd.
FIP UM memiliki bagian administratif yang disebut bagian Tata Usaha (TU) dengan Strutural sebgai berikut Kepala TU FIP UM Drs.Muhtarom dibantu dengan beberapa Sub Bagian Tata Usaha dengan Kepala Sub Bagian (Kasubag) Kemahasiswaan dan alumni Sugiono S.H, Kasubag Umum dan BMN Ir.Sugeng Santosa, Kasubag Akademik Yayuk SE, dan Kasubag Keuangan dan Kepegawaian Dra.Usna Nurindriastutik.
****
Sebuah Perguruan Tinggi (Kampus) salah satu unsur terpentingnya adalah mahasiswa dengan berbagai kegiatanya. Kegiatan yang seperti apa ? tentunya kegiatan akademik dan non akademiknya. Kegiatan akademik sudah tentu memiliki makna yaitu kewajiban pokok mahasiswa yang harus menuntaskan SKS dan lulus dari sebuah mata kuliah kemudian lulus dengan target yang telah ditentukan, namun jika kita membicarakan kegiatan non akademik maka akan mengarah pada suatu kegiatan mahasiswa, dimana secara umum mahasiswa dengan sadar berusaha untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya dan kemampuan mereka dalam mengelola sebuah kegiatan. Kegiatan tersebut dinamakan kegiatan berorganisasi. Banyak kegiatan organisasi mahasiswa namun karena penulis sengaja menulis atas nama FIP UM maka penulis akan membicarakan mengenai kegiatan berorganisasi yang ada di FIP.
Suatu organisasi yang ada didalam kampus dan terdapat aturan secara normatif tertulis pada Surat Keputusan(SK) Rektor dinamakan Organisasi Intra Kampus (OMIK) dan terbagi atas 2 Instansi yaitu Organisasi Pemerintahan Mahasiswa(OPM) dan Organisasi Non Pemerintahan Mahasiswa(ONPM) . FIP UM memiliki beberapa organisasi mahasiswa (Ormawa) Pemerintahan yang diatur dalam SK REKTOR UM No. 13/KEP/UN32/KM/2012 dengan estimasi kepengurusan periode 2016 . Yaitu 1; Dewan Mahasiswa Fakultas (DMF) merupakan organisasi dengan model legislatif yang sekarang diketuai oleh Sdr.Hasbi Al-Haikal mahasiswa jurusan BK angkatan 2013, 2; Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan (BEM FIP) merupakan organisasi dengan model Eksekutif , ”Kabinet Garuda Muda” Kabinet yang ada dalam BEM FIP UM 2016 yang sekarang diketuai oleh Sdr.Abdul Halim Wicaksono seorang mahasiswa TEP angkatan 2013.
Selain DMF dan BEM , FIP UM memiliki Ormawa yang menghimpun mahasiswa sejurusan yang ada di FIP UM dan sifatnya juga eksekutif yaitu Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ). Apa saja itu ? 1; HMJ BK diketuai oleh Sdr. Febri Antoni Herlambang kerap dipanggil mas Kim mahasiswa BK angkatan 2014, 2; HMJ TEP diketuai oleh Sdr.Moch.Arbayu Mahaiswa TEP angkatan 2014, 3;HMJ AP diketuai oleh Sdr.Amir Maulana Mahaiswa AP angkatan 2014, 4; HMJ PLS diketuai oleh Sdr.Abdul Wahid mahasiswa TEP angkatan 2014, 5;HMJ KSDP yang diketuai oleh Sdr.Choirudin Lutfi Triaji Mahaisiswa KSDP Prodi PGSD angkatan 2014, 6;HMJ PLB yang diketuai oleh Sdr.Tinarso Hanafi Mahasiswa PLB angkatan 2014. Selain dari HMJ yang ada di FIP UM ada sebuah Ormawa yang menghimpun mahasiswa yang ada diPP3 disebut dengan Koordinatorat Kegiatan Mahasiswa (KKM) PP3 yang diketuai oleh Sdr.Ajiz mahasiswa KSDP Prodi PGSD angkatan 2014.
Selain dari Ormawa yang ada, FIP UM memiliki  Organisasi yang terkoordinasi oleh BEM FIP UM disebut dengan Unit Aktivitas (UA) dan menjadi salah satu sub bidang atau sub divisi dalam BEM FIP yang berfungsi mewadahi bakat minat mahasiswa FIP dalam berbagai bidang, mulai dari agama, kesenian, kebudayaan, sosial hingga olahraga. UA tersebut adalah 1; Sentuhan Ruhani Islam (SERUNI) yang diketuai oleh Sdri.Aisyah Nabillah Mahasiswi Jurusan KSDP angkatan 2013, 2; Mahaiswa Penulis Peneliti Produktif (MP3) yang diketuai oleh Sdri.Liyenur rahma Mahasiswi jurusan BK angkatan 2014, 3;Organisasi Pecinta Seni FIP UM (OPIUM) yang diketuai oleh Sdri.Putri Riza Umami mahasiswi PLS angkatan 2014, 4;Sport Educatiion Faculty (SPIONDUTY) yang diketuai oelh Sdr.Yoga Rahmad Saputra mahasiswa BK angkatan 2014, 5;Study Center and service of Disability (SCSD) yang diketuai oleh Sdr.Irul mahasiswa PLB angkatan 2014.
*****
Mengapa Nyentrik ?
Nyentrik adalah sebuah jargon yang digunakan mahasiswa FIP UM sebagai suatu label simbol mereka, ketika Fakultas Sastra memiliki Mboisnya, Ketika Fakultas Teknik memiliki Metalnya, ketika FIK memiliki FIKkerrnya, ketika Fakultas Psikologi memiliki spartanya dan fakultas-fakultas yang ada di UM dengan berbagai label simbolnya maka FIP UM memiliki Nyentriknya. FIP...?!! Nyentrik !!

*Penulis bernama Windy Kiswha Cahlendra panggilanya ‘wendy’, seorang mahasiswa yang selalu merasa kurang tidur, seorang mahasiswa FIP UM jurusan PLS angkatan 2014. Sebagai anggota BEM FIP UM 2016 divisi Dalam Kampus(DALKAM) dengan tinggi tubuh 171cm, berat badan ***sensor***,suka keceriaan, kegembiraan, dan kebersahajaan.


[1] Dr.Imam Na
wawi M.Pd  juga sebagai Kepala Jurusan KSDP

1 komentar:

  1. Gambarnya bisa disetting ukurannya, Wend. Mau medium, large atau extra large.

    Selamat nge-blog!

    BalasHapus